MAKALAH SKI TENTANG KHULAFAUR RASYIDIN

BAB 1 PENDAHULUAN
A.   LATAR BELAKANG
Yang melatar belakangi penelitian ini adakah rasa ingin tahu kami tentang khulafaur rasyidin

B.   RUMUSAN MASALAH
1.      Bagaimana biografi dan silsilah nya ?
2.      Bagaimana proses pengangkatan nya ?
3.      Apa saja kebijakan nya ?
4.      Bagaimana meninggal nya ?

C.   TUJUAN PENULISAN
1.      Untuk memenuhi tugas SKI
2.      Untuk mencari tahu tentang khulafaur rasyidin.




BAB 2 PEMBAHASAN
A.   ABU BAKAR

1.     BIOGRAFI DAN SILSILAH
Nama asli beliau adalah Abdullah Ibnu Abi Quhafah at Tamimi, di masa jahiliyah bernama Abdul Ka’bah. Setelah masuk Islam, Nabi mengganti namanya menjadi Abdullah Abu Bakar. Namun orang-orang memanggilnya Abu Bakar. Nama ini diberikan karena ia adalah orang yang paling dini memeluk Islam. Dalam bahasa Arab, Bakar berarti dini atau pagi. Selain itu, Abu Bakar sering kali dipanggil Atiq atau yang tampan, karena ketampanan wajahnya. Sementara Nabi memberikan Abu Bakar gelar As-Shidiq , dikarenakan dia membenarkan kisah Isra’ Mi’raj nabi ketika banyak penduduk Mekkah mengingkarinya.
Adapun silsilah Abu Bakar siddiq dari ayah adalah Abu Bakar (Abdullah) bin Quhafah (usman) bin Umar Ka'ab bin Sa'id bin Taimi bin Murrah bin Luayyi bin Ghalib bin Fahrin Attami dari suku Quraisy. Sedangkan keturunan dari ibunya adalah Abu Bakar bin Ummul khair binti Shahr bin Umar bin Ka'ab bin Taimi bin Murrah. Jadi silsilah Abu Bakar Siddiq dari ayah dan ibunya bertemu pada kakeknya yang bernama Umar bin Ka'ab.

2.     PENGANGKATAN ABU BAKAR
Pasca meninggalnya Rasulullah SAW, kaum Anshar (penduduk asli Madinah), berkumpul di Saqifah bani Saa’idah. Bukan sekadar berkumpul, tapi mereka sedang mendulang dukungan kepada Sa’ad bin Ubaidah RA sebagai pimpinan, menggantikan Nabi. Peristiwa tersebut didengar oleh Umar bin Khaththab. Umar lalu memberitahukan kepada Abu Bakar ash-Shiddiq. Lalu, Umar dan Abu Bakar mengajak Abu Ubaidah RA menuju ke Saqifah bani Saa’idah.

Sesampainya di sana, jumlah umat semakin banyak, dan di depan umat itulah Abu Bakar berpidato agar umat memilih Umar atau Abu Ubaidah. Tapi keduanya menolaknya. Bahkan Umar dan Abu Ubaidah bersepakat untuk membaiat Abu Bakar. Belum juga mereka menjabat tangan Abu Bakar, Basyir bin Sa’ad yang berasal dari kaum Anshar, menjabat tangan Abu Bakar dan langsung membaiatnya. Dari sini lalu khalayak membaiat Abu Bakar, baik dari kalangan Anshar, Muhajirin, dan tokoh Islam lainnya. Abu Bakar tidak lagi sanggup menolak amanah yang diberikan umat kepadanya.
klik tombol download dibawah unutk men-download file docx (microsoft word siap print) makalah ini



1 2 3 4 5 6

Post a Comment

0 Comments