ips xii
by
A. Taufik
March 04, 2017
MAKALAH SOSIOLOGI TENTANG TUJUAN DAN KELEMAHAN TEKNIK PENGUMPULAN SAMPLE

BAB I PENDAHULUAN
A. LATAR BELAKANG
Ada beragam cara dalam pengumpulan sampel. Namun kami ingin mencari tahu tujuan dan kelemahan cara cara pengumpulan sampel tersebut.
B. RUMUSAN MASALAH
Apa saja tujuan dan kelemahan dari metode pengumpulan sample ?.
C. TUJUAN PENULISAN
1. untuk memenuhi tugas sosiologi
2. untuk mencari tahu tujuan dan kelemahan teknik pengumpulan sample.
BAB 2 PEMBAHASAN
A. OBSERVASI
1. TUJUUAN
Adalah untuk menggambarkan segala sesuatu yang berhubungan dengan objek penelitian , mengambil kesimpulan yang disusun menjadi sebuah laporan yang relevan dan dapat bermanfaat sebagai sebuah bahan pembelajaran atau studi.
2. KELEMAHAN
1. Banyak kehidupan pribadi yang tidak terungkap, misalnya kehidupan pribadi yang rahasia.
2. Memungkinkan terjadinya ketidakwajaran apabila yang di oservasi mengetahui bahwa dirinya sedang di observasi.
3. Observasi banyak tergantung dari faktor yang tidak terkontrol.
4. Subyektifitas observer sukar dihindarkan.
B. WAWANCARA
1. TUJUAN
Tujuan dari wawancara adalah untuk mendapatkan informasi yang tepat dari narasumber yang terpercaya.
2. KELEMAHAN
1. Data atau informasi yang dikumpulkan sangat terbatas
2. Memakan waktu dan biaya yang besar jika, dilakukan dalam suatu wilayah yang luas
C. ANGKET
1. TUJUAN
Tujuan penyebaran angket ialah mencari informasi yang lengkap mengenai suatu masalah dan responden tanpa merasa khawatir bila responden memberi jawaban yang tidaak sesuai dengan kenyataan dalam pengisian daftar pertanyaan.
2. KELEMAHAN
1. Ada kemungkinan angket diisikan oleh orang lain yang bukan responden terpilih.
2. Hanya diperuntukan bagi orang yang dapat melihat (membaca).
D. ANALISA MEDIA MASA
1. TUJUAN
tujuan jangka pendek adalah mencari jalan yang memuaskan bagi publik dan institusi tersebut. Tujuan jangka panjangnya adalah mengusahakan shared values atas dasar rasionalitas dan akal sehat dalam setiap hubungan sosiologis.
2. KELEMAHAN
1. singkatnya waktu bagi wartawan untuk mengolah informasi yang mereka dapat, dan
2. adanya desakan untuk segera memuat berita untuk pembaca.
E. EKSPERIMEN
1. TUJUAN
Tujuan dari eksperimen adalah untu menilai bagaimana pengaruh sebuah/lebih prilaku, terhadap kondisi suatu populasi tertentu/ untuk menguji hipotesis, tentang ada tidaknhya pengaruh perlakuan.
2. KELEMAHAN
1. Metode ini biasanya hanya cocok pada mata pelajaran sains atau teknologi.
2. Metode ini butuh fasilitas khusus dan bahan yang terkadang sulit ditemukan.
3. Metode ini menuntut ketelitian, keuletan, ketabahan dan kesabaran yang tinggi.
4. Hasil percobaan terkadang tidak sesuai harapan.
F. STUDI KASUS
1. TUJUAN
Stake (2005) menyatakan bahwa penelitian studi kasus bertujuan untuk mengungkapkan kekhasan atau keunikan karakteristik yang terdapat di dalam kasus yang diteliti.
2. KELAMAHAN
Dari kacamata penelitian kualitatif,studi kasus di persoalkan dari segi validitas,reliabilitas dan generalilsasi. Namun studi kasus yang sifatnya unik dan kualitatif tidak dapat diukur dengan parameter yang digunakan dalam penelitian kuantitatif,yang bertujuan untuk mencari generalisasi.
G. DATA SEJARAH
1. TUJUAN
adalah untuk memperoleh informasi teoritis dari para ilmuan sebagai suatu kerangka acuan dalam penelitian.
2. KELEMAHAN
1. Terbatasnya daya ingat seorang pelaku atau saksi sejarah terhadap suatu peristiwa.
2. Subjektivitas dalam penulisan sejarah sangat tinggi. Dalam hal ini perasaan keakuan dari seorang saksi dari seorang pelaku sejarah yang cenderung memperbesar peranannya dan menutupi kekurangannya sering muncul dalam proses wawancara. Selain itu, subjektivitas juga terjadi karena sudut pandang dari masing-masing pelaku dan saksi sejarah terhadap suatu peristiwa sering kali berbeda.
H. SOSIOMETRI
1. TUJUAN
Dengan mempelajari data sosiometri seorang konselor dapat :
1. Menemukan murid mana yang ternyata mempunyai masalah penyesuaian diri
2. dalam kelompoknya.
3. Membantu meningkatkan partisipasi sosial diantara murid-murid dengan
4. penerimaan sosialnya.
5. Membantu meningkatkan pemahaman dan pengertian murid terhadap masalah
6. pergaulan yang sedang dialami oleh individu tertentu.
7. Merencanakan program yang konstruktif untuk menciptakan iklim sosial yang
8. lebih baik dan sekaligus membantu mengatasi masalah penyesuaian di kelas
9. tertentu.
2. KELEMAHAN
1. Sangat sulit dijamin kerahasiannya, karena siswa cenderung saling menanyai pilihannya.
2. Siswa memilih bukan atas dasar pertimbangan dengan siapa dia akan paling berhasil dalam melakukan pekerjaan, tetapi atas dasar rasa simpati dan antipati.
3. Membutuhkan waktu yang lama.
BAB 3 PENUTUP
A. KESIMPULAN
Kesimpulan nya, masing masing metode pengumpulan data mempunyai tujuan dan kelemahan yang berbeda beda.
B. SARAN
Kami menyadari banyak kekurangan dalam makalah ini. Jadi kami berharap para pembaca dapat mengambil manfaat dari makalah ini.
DAFTAR PUSTAKA
https://www.idjoel.com/pengertian-observasi/
https://id.wikipedia.org/wiki/Angket#Kelemahan
http://www.syarifshare.info/2013/01/kelebihan-dan-kekurangan-metode_7861.html
http://www.ensiklopedipendidikan.com/2016/09/pengertian-dan-tujuan-wawancara-serta-contoh-wawancara-dengan-narasumber.html
http://tarmijie.blogspot.co.id/2012/11/analisis-media-massa.html
http://susanblogs18.blogspot.co.id/2012/11/4-tujuan-penelitian-eksperimen-menurut.html
http://resya123.blogspot.co.id/2011/11/kelemahan-dan-kelebihan-study-kasus.html
http://perpustakaancyber.blogspot.co.id/2013/02/penelitian-sejarah-lisan-metode-tujuan-kelebihan-kekurangan-prinsip-dasar.html
http://penelitianstudikasus.blogspot.co.id/2010/05/normal-0-false-false-false-en-us-x-none.html
http://klikbelajar.com/umum/analisis-media-massa/
http://ismailjeneponto.blogspot.co.id/2013/12/penelitian-sejarah.html
http://blossomscounseling87.blogspot.co.id/2012/01/pemahaman-individu-non-tes-sosiometri.html
Post a Comment
0 Comments