makalah sosiologi tentang perubahan sosial, mekajuan masyarakat, dan perkembangan masyarakat menuju kehidupan masyarakat yang demokratis

BAB I PENDAHULUAN

A.   LATAR BELAKANG

Setiap masyarakati pasti mengalami perubahan. Baik itu perubahan sosial, peribahan zaman, perubahan tren dan lain-lain. Penting bagi kita untuk mengetahui apa itu perubahan sosial, dampaknya terhadap  kemajuan masyarakat dan perkembangan masyarakat menuju kehidupan yang demokratis.



B.   RUMUSAN MASALAH

Apa itu perubahan sosial?
Apa itu kemajuan masyarakat?
Bagaimana perkembangan masyarakat menjuju kehidupan yang demokratis?

C.   TUJUAN PENULISAN

Untuk mengetahui Apa itu perubahan sosial?
Untuk mengetahui  Apa itu kemajuan masyarakat?
Untuk mengetahui Bagaimana perkembangan masyarakat menjuju kehidupan yang demokratis?



BAB II PEMBAHASAN

A.   PERUBAHAN SOSIAL

Perubahan sosial merupakan perubahan-perubahan yang terjadi pada lembaga-lembaga kemasyarakatan dalam suatu masyarakat yang memengaruhi sistem sosialnya, termasuk nilai, sikap-sikap sosial, dan pola perilaku di antara kelompok-kelompok dalam masyarakat.
William F. Ogburn mengatakan bahwa Perubahan sosial adalah perubahan yang mencakup unsur-unsur kebudayaan baik material maupun immaterial yang menekankan adanya pengaruh besar dari unsur-unsur kebudayaan material terhadap unsur-unsur immaterial.

B.   KEMAJUAN MASYARAKAT

Seperti yang kita tau, bahwasanya adanya penemuan-peneuan baru, mobilitas penduduk, konflik diantara masyarakat, terjadinya revolusi dalam kehidupan masyarakat adalah suatu kemajuan yang di peroleh masyarakat. Dengan adanya penemuan  baru, masyarakat akan hidup lebih mudah berkat adanya penemuan-pebemuan tersebut. Contohnya, penemuan kendaraan yang tergolong penemuan baru pada masanya. Dengan kendaraan manusia menjadi mudah untuk bepergian, sehingga terjadilah mobilitas penduduk. Dan karena semain lama manusia semakin berfikir, maka manusia akan semakin kritis dan menginginkan perubahan. Maka munculah revolusi yang tak jarang membuat konflik dalam kehidupan masyarakat.
Halaman: 1 2 3
klik tombol download dibawah unutk men-download file docx (microsoft word siap print) makalah ini




Post a Comment

0 Comments