laporan biologi tentang pengaruh seleksi alam terhadap evolusi

BAB I
PENDAHULUAN
A.   LATAR BELAKANG

Mahluk hidup mengalami perubahan dari waktu ke waktu. Perubahan yang di maksud adalah perubahan selain proses pertumbuhan dan perkembangan mahluk hidup. Perubahan tersebut terjadi secara perlahan dalam waktu ratusan, bahkan ribuan tahun dan bersifat tidak dapat balik. Perubahan yang berlangsung lama tersebut, menghasilkan spesies baru yang berbeda dari organisme sebelumnya. Dari konsep inilah muncul teori evolusi.
Salah satu faktor yang menyebabkan terjadinya perubahan mahluk hidup adalah seleksi alam, sehingga mahluk hidup yang berhasil bertahan hidup akan berevolusi. Pada praktek ini, kami akan berusha mencari tahu tentang hubungan antara seleksi alam dan evolusi.


B.   RUMUSAN MASALAH

1.      Apa hubungan seleksi alam dengan teori evolusi?
2.      Mengapa mahluk hidup dapat bertahan hidup dan lolos dari seleksi alam?
3.      Apa saja yang menjadi penyebab mahluk hidup punah?

C.   TUJUAN

Tujuan dari Praktek ini adalah untuk mengetahui pengaruh seleksi alam terhadap Evolusi








BAB II
KERANGKA TEORITIS

Perubahan Lingkungan yang menyebabkan mahluk hidup menjadi tidak adaptif terhadap lingkungannya akan menyebabkan mahluk itu punah, sedangkan mahluk hidup yang tetap adaptip dengan lingkungan nya akan tetap hidup. Adaptasi terhadap lingkungan merupakan salah satu mekanisme seleksi alam.
Teori evolusi Lamarck dikenal dengan paham use and disuse yang secara sederhada dapat di jelaskan sebagai berikut.
1.              mahluk hidup sederhana merupakan nenek moyang mahluk yang lebih sempurna organ tubuhnya.
2.              Mahluk hidup akan selalu beradaptasi dengan lingkungan menggunakan organ tubuhnya.
3.              Organ tubuh mahluk hidup yang sering di gunakan akan terus berkembang, sedangkan organ yang tidak di gunakan akan meghilang.
4.              Perubahan organ tubuh yang di peroleh suatu mahluk hidup akan di wariskan kepada keturunan nya.
Charles R. Darwin berpendapat bahwa evolusi terjadi karena seleksi alam. Menurutnya, nenek moyang jerapah ada yang berleher panjang dan yang berleher pendek. Makanan nya berupa dedaunan pada pohonan yang tinggi. Yang berleher panjang lebih adaptif sehingga dapat menjangkau dedaunan pohon yang tinggi, sedangkan yang berleher pendek tidak menjangkaunya, sehingga kelaparan dan mati. Jerapah yang berleher panjang tersebut, jika melahirkan anak, hanya turunan yang memiliki sifat leher panjang yang akan bertahan hidup, sedangkan yang berleher pendek akan mati atau punah (terseleksi oleh alam).
Weismann berpendapat bahwa perubahan sel tubuh karena pengaruh lingkuangan tidak akan di wariskan kepada keturunannya. Evolusi adalah menyangkut masalah bagaimana peristiwa gen-gen melalui sel-sel kelamin, dengan kata lain evolusi adalah gejala seleksi alam terhadap faktor-faktor genetika.
Halaman: 1 2 3
klik tombol download dibawah unutk men-download file docx (microsoft word siap print) laporan ini




Post a Comment

0 Comments