makalah sejarah tentang berdirinya negara boneka buatan belanda

BAB I PENDAHULUAN
A.   LATAR BELAKANG

Negara Boneka adalah sebuah negara yang kedaulatannya diakui secara de-facto namun berada di bawah negara lain. Artinya negara tersebut hanyalah negara palsu yang dikendalikan untuk mendapatkan keuntungan tertentu. Seperti yang dilakukan oleh Belanda setelah Jepang kalah dan keluar dari Indonesia. Belanda melakukan segala cara untuk kembali menguasai semua kawasan Indonesia dengan bantuan tentara sekutu.

Akhirnya mereka membuat sebuah negara boneka dengan tujuan utama memecah belah. Belanda membuat negara boneka ini menjadi negara baru hingga harus membantu mereka dalam perang. Artinya akan ada pertempuran saudara antara pejuang Indonesia dan pejuang negara boneka yang pro Belanda.

B.   RUMUSAN MASALAH

Apa saja negara boneka yang di buat belanda di Indonesia?.

C.   TUJUAN PENULISAN

Untuk mengetahui negara –negara boneka buatan belanda di Indonesia.




BAB II PEMBAHASAN
1.     NEGARA INDONESIA TIMUR (1946-1950)

Negara Indonesia Timur adalah sebuah negara boneka pertama yang dibentuk oleh Belanda. Pembentukan ini didasarkan pada Konferensi Malino dan Konferensi Denpasar. Akhirnya diputuskan jika wilayah Negara Indonesia Timur meliputi wilayah Sulawesi, Sunda Kecil (Nusa Tenggara), dan Kepulauan Maluku. Secara resmi Negara Indonesia Timur diresmikan pada Desember 1946 dengan presiden bernama Tjokorda Gde Raka Soekawati.
Awalnya negara ini loyal dengan Belanda karena mendapatkan asupan dana dari mereka. Namun lambat laun keloyalan ini lenyap setelah Belanda melakukan Agresi Militer ke-II. Kabinet Negara IndonesiaTimur melakukan protes besar. Akhirnya melalui perdana menterinya yang bernama Ide Anak Agung Gde Agung melakukan lobi untuk bergabung dengan Indonesia pada tahun 1949. Akhirnya pada 17 Agustus 1950 Negara Indonesia Timur menjadi bagian NKRI.
Halaman: 1 2 3
klik tombol download dibawah unutk men-download file docx (microsoft word siap print) makalah ini




Post a Comment

0 Comments