makalah sejarah tentang perang dingin

BAB I PENDAHULUAN

A.   LATAR BELAKANG

sejarah perang dingin (1947-1991) adalah waktu berlangsungnya konflik, kompetisi dan ketegangan antara blog Barat (Amerika )dengan blog Timur (Rusia) pasca berakhirnya perang dunia 2. Istilah perang dingin sebenarnya tidak umum pada saat itu namun menjadi terkenal semenjak diperkenalkan oleh Bernard Baruch dan Walter Lippman, dua orang ahli keuangan dan kolumnis asal Amerika serikat.

Lucunya adalah Ternyata Amerika dan Rusia ini awalnya bersekutu untuk memerangi NAZI ketika masa perang namun setelah kemenangan atas NAZI, mereka mulai nampak ketegangannya akibat perbedaan di antara mereka khususnya ideologi.
Penting sekali bagi kita untuk mengetahui sejarah tentang perang dingin


B.   RUMUSAN MASALAH

1.      Apa itu perang dingin?;
2.      Bagaimana sejarah perang dingin?;
3.      Siapa saja yang terlibat dalam perang dingin?;
4.      Apa yang melatarbelakangi perang dingin? dan;
5.      Apa dampak yang di timbulkan perang dingin?.

C.   TUJUAN PENULISAN

1.      Untuk mengetahui apa itu perang dingin;
2.      Untuk mengetahui sejarah perang dingin?;
3.      Untuk mengetahui siapa saja yang terlibat dalam perang dingin;
4.      Utnuk mengetahui apa yang melatarbelakangi perang dingin dan;
5.      Untuk mengetahui apa dampak yang di timbulkan perang dingin.

BAB II PEMBAHASAN

A.   LATAR BELAKANG PERANG DINGIN

Setelah Berakhirnya perang dunia ke 2 muncul dua negara adidaya dari wilayah barat dan timur yaitu Amerika dan Uni Soviet. Kedua negara tersebut kemudian menjadi kreditor terbesar di dunia. Rusia meminjamkan uangnya khusus negara Eropa Timur kemudian Amerika Serikat juga meminjamkan uangnya.
muncul juga negara baru yang telah merdeka setelah perang dunia 2 di wilayah selain Eropa. Negara baru ini ada yang sudah mulai maju dan ada yang masih berkembang.
Kemudian diadakan konferensi di Postdam pada bulan Juli 1945 yang membahas tentang Eropa Timur. Pada saat itu presiden Amerika adalah Harry S. Tumman menginginkan adanya pemilu di negara Eropa Timur namun presiden Uni Soviet Stalin menolak penyelenggaraan tersebut karena jika diadakan pemilu secara bebas di Eropa Timur nantinya akan muncul pemerintahan yang anti Uni Soviet.
Karena perbedaan antara Uni Soviet dan Amerika dalam pertemuan tersebut sehingga mulai timbulah perang dingin.
B.   PENYEBAB PERANG DINGIN

1.      Amerika Serikat dan Rusia gencar menyebarkan ideologi mereka yang berbeda. Amerika Serikat sendiri          memiliki ideologi liberal kapitalis sedangkan Rusia atau Uni Soviet ideologinya adalah komunis.
2.      Amerika Serikat dan Uni Soviet menjadi negara kreditur terbesar di dunia dan mereka memiliki keinginan untuk menjadi penguasa.
3.      Berdirinya Pakta Pertahanan di antara dua belah pihak. Amerika Serikat dan negara-negara Eropa Barat mendirikan NATO (North Atlantic Treaty Organization) sedangkan Uni Soviet juga tidak mau kalah. Dia beserta beberapa negara-negara Eropa Timur seperti Albania, Bulgaria, cekoslowakia, Jerman Timur, Hungaria , Polandia dan Rumania mendirikan Pakta Warsawa.
Halaman: 1 2 3 4 5
klik tombol download dibawah unutk men-download file docx (microsoft word siap print) makalah ini




Post a Comment

0 Comments