Makalah Geografi Tentang Pelestarian dan Pemanfaatan Produk Kebudayaan Indonesia Dalam Bidang Ekonomi Kreatif dan Pariwisata (revisi 2)

BAB I PENDAHULUAN
A.   LATAR BELAKANG

Apa itu budaya? Kata budaya itu sendiri merupakan kata yang berasal dari bahasa Sansekerta budhayah. Kata tersebut adalah bentuk jamak dari kata budhi yang mempunyai arti akal atau budi. Untuk pengertian lengkapnya, budaya adalah sebuah sistem yang ada dalam suatu masyarakat dan budaya tersebutlah yang mengatur kehidupan masyarakat tersebut sehingga mereka mempunyai hukum, tata cara hidup, dan lainnya. Kemudian, sistem yang ada ini kemudian diturunkan ke generasi berikutnya sehingga lahirlah kebudayaan sebagai hasil adanya budaya. Karena budaya ini merupakan warisan dari nenek moyang dan telah turun-temurun diwariskan, maka budaya haruslah dijaga dengan baik. Begitupun dengan budaya Indonesia yang terkenal sangat beragam dari Sabang sampai Merauke.
Beragamnya budaya Indonesia dapat terlihat dari banyaknya tarian daerah, bahasa daerah, kesenian daerah, dan juga ritual-ritual daerah yang berbeda-beda setiap sukunya, dan menurut catatan ada lebih dari 1300 suku dan lebih dari 500 bahasa daerah yang ada di Indonesia. Namun, sayangnya budaya Indonesia mulai memudar. Terbukti dengan adanya suku-suku yang hampir punah seperti suku yang ada di Kepulauan Mentawai, bahkan telah ada beberapa suku yang telah punah. Punahnya suku-suku tersebut jelas disebabkan karena budaya suku yang tidak dilestarikan lagi. Lalu, bagaimana cara melestarikan budaya tersebut?.



B.   RUMUSAN MASALAH

1.      Bagai mana cara pelestarian kebudayaan indonesia?.
2.      Bagaimana cara pemanfaatan kebudayaan indonesia dalam bidang ekonomi kreatif?.

C.   TUJUAN PENULISAN

1.      Untuk mengetahui bagai mana cara pelestarian kebudayaan indonesia.
2.      Untuk mengetahui bagaimana cara pemanfaatan kebudayaan indonesia dalam bidang ekonomi kreatif?.










klik tombol download dibawah unutk men-download file docx (microsoft word siap print) makalah ini




Halaman: 1 2 34 5 6

Post a Comment

0 Comments