PROPOSAL PENELITIAN
Tingkat Kedisiplinan Siswa Kelas Xi Iis Mas. Al-Holiliyah Tahun Pelajaran 2017/2018
(Diajukan untuk Memenuhi salah satu Tugas Bahasa Indonesia)
DI SUSUN OLEH
FIKMAKALAH.BLOGSPOT.COM
KATA PENGANTAR
Puji syukur kami panjatkan kehadirat Tuhan Yang Maha Esa karena rahmat dan hidayah-Nya sehingga kami dapat menyelesaikan proposal “Tingkat Kedisiplinan Siswa Kelas XI IIS MAS AL-HOLIYAH TAHUN PELAJARAN 2017/2018 “ dengan sebaik-baiknya.
Ucapan terima kasih kami sampaikan kepada yang terhormat :
1. Bapak Mumin selaku Guru Pembimbing / Guru Mata Pelajaran Bahasa Indonesia.
2. Teman – Teman satu kelompok yang sudah bekerja sama dalam menyusun proposal ini.
3. Semua pihak yang telah membantu kami dalam penyusunan proposal ini.
Kami menyadari bahwa dalam proposal ini masih terdapat kekurangan, oleh karena itu kritik dan saran yang membangun sangat kami harapkan guna penyempurnaan dalam penyusunan proposal dimasa mendatang.
Cidaun, 23 Februari 2018
Penyusun
HALAMAN PENGESAHAN
TOPIK PENELITIAN : KEDISIPLINAN
JUDUL PENELITIAN : TINGKAT KEDISIPLINAN SISWA KELAS XI IIS MAS AL-HOLILIYAH
Telah memenuhi syarat untuk menyusun proposal penelitian untuk menyelesaikan tugas sosiologi ini.
NAMA : fikmakalah.blogspot.com
KELAS :
CIDAUN, 23 FEBRUARI 2018
MENGETAHUI
KEPALA SEKOLAH GURU PEMBIMBING
MAS. AL-HOLILIYAH
----------------------------------- ------------------------------------
DAFTAR ISI
Judul……………………………………………............................…………………. i
Kata Pengantar…………………………………........................………………….... ii
Halaman pengesahan...................................................................................................iii
Daftar Isi…………………………………………………………............................. iv
BAB I Pendahuluan…………………………………………............................….. 1
A. Latar Belakang …………………………………..........................…….. 1
B. Batasan Masalah …………………………………...........................…… 1
C Rumusan Masalah …………………………...........................…………. 1
D Tujuan Penelitian ……………………………………….......................... 1
BAB II Hipotesis......................……………………………….................................... 2
BAB III Metode Penelitian……………………………………................................. 2
A Jenis Penelitian ......................................................................................... 2
B Tempat dan waktu pelaksanaan ...................................................................2
C Populasi ………………………………………............................................2
D Sampel …………………………………………............................ ............3
E Sumber Data …………………………………… . .. . . . . . .. ............3
F Metode Pengumpulan Data ……………………...........................................3
G Jadwal Penelitian ………………………………..........................................3
BAB IV Penutup............................................................................................................4
Daftar Pustaka…………………………………………………....................................4
BAB I PENDAHULUAN
A. LATAR BELAKANG
Seorang siswa dalam mengikuti kegiatan belajar di sekolah tidak akan lepas dari peraturan dan tata tertib yang berlaku di sekolahannya, dan setiap siswa di tuntut untuk berperilaku sesuai dengan aturan dan tata tertib yang sudah berlaku disekolahannya. Yang dimaksud dengan aturan sekolah tersebut, seperti aturan tentang standar berpakaian, ketepatan waktu, perilaku sosial dan etika belajar. Ketaatan dan kepatuhan siswa terhadap aturan atau tata tertib disebut disiplin siswa, sedangkan peraturan yang berupaya mengatur perilaku siswa disebut disiplin sekolah. Pengertian disiplin sekolah kadangkala diterapkan pula untuk memberikan hukuman (sanksi) sebagai konsekuensi dari pelanggaran terhadap aturan, meski kadangkala menjadi kontroversi dalam menerapkan metode pendisiplinannya, sehingga terjebak dalam bentuk kesalahan perlakuan fisik dan kesalahan perlakuan psikologis. Disiplinadalah kepatuhan terhadap peraturan atau tunduk pada pengawasan atau pengendalian. Sedangkan disiplin menurut Djamarah adalah "Suatu tata tertib yang dapat mengatur tatanan kehidupan pridadi dan kelompok”. Kedisiplinan mempunyai peranan penting dalam mencapai tujuan pendidikan.
B. RUMUSAN MASALAH
1. Apa yang menyebabkan siswa berperilaku tidak disiplin ?
2. Perilaku siswa apa saja yang dinilai tidak atau kurang disiplin ?
3. Faktor penyebab terhambatnya penerapan disiplin di sekolah ?
4. Apa saja upaya-upaya yang bisa di lakukan warga sekolah dalam meningkatkan penerapan disiplin di sekolah ?
C. BATASAN MASALAH
Mengingat keterbatasan penulis baik dari segi waktu, kemampuan, tenaga, dan biaya. Dengan demikian penulis membatasi “ Tingkat Kedisiplinan Siswa Kelas XI IIS MAS. AL-HOLILIYAH TAHUN AJARAN 2017/2018 “.
D. TUJUAN PENELITIAN
1. Untuk mengetahui penyebab siswa brperilaku tidak disiplin.
2. Untuk mengetahui perilaku siswa yang dinilai kurang disiplin.
3. Untuk mengetahui penyebab terhambatnya penerapan disiplin disekolah.
4. Untuk mengetahui upaya-upaya yang bisa di lakukan warga sekolah dalammeningkatkan penerapn disiplin di sekolah.
BAB II HIPOTESIS
Berdasarkan landasan teori yang telah diuraikan serta disesuaikan dengan masalah penelitian, maka dapat dirumuskan hipotesis penelitian sebagai berikut:
A. penyebab siswa berperilaku tidak disiplin yaitu:
1. disebabkan oleh guru.
2. kondisi sekolah yang kurang menyenangkan, kurang teratur, dan lain-lain.
3. keluarga yang broken home.
4. kurikulum yang tidak terlalu kaku, tidak atau kurang fleksibel, terlalu dipaksakan dan lain-lain bisa menimbulkan perilaku yang tidak disiplin, dalam proses belajar mengajar pada khususnya dan dalam proses pendidikan pada umumnya.
B. Perilaku siswa yang di nilai kurang disiplin seperti : bolos sekolah, mengerjakan tugas rumah disekolah, perkelahian, nyontek, pemalakan, pencurian dan bentuk-bentuk penyimpangan perilaku lainnya.
C. Kurang tegasnya pihak sekolah menerapkan peraturan sekolah,
D. Reisman dan Payne (E. Mulyasa, 2003) mengemukakan strategi umum merancang disiplin siswa, yaitu :
1. Konsep diri; untuk menumbuhkan konsep diri siswa sehingga siswa dapat berperilaku disiplin, guru disarankan untuk bersikap empatik, menerima,hangat dan terbuka;
2. Keterampilan berkomunikasi; guru terampil berkomunikasi yang efektif sehingga mampu menerima perasaan dan mendorong kepatuhan siswa;
3. Konsekuensi-konsekuensi logis dan alami; guru disarankan dapatmenunjukkan secara tepat perilaku yang salah, sehingga membantu siswa.
BAB III METODE PENELITIAN
A. JENIS PENELITIAN
Penelitian ini menggunakan metode kualitatif yang dapat diartikan sebagai prosedur penulisan yag menghasilkan data data deskriptif kata-kata tertulis atau lisan dari perilaku orang-orang yang diamati.Sedangkan penulisan karya ilmiah inibersifat deskriptif, yaitu memberikan gambaran suatu keadaan tertentu secara rinci disertaidengan bukti.
B. TEMPAT DAN WAKTU PELAKSANAAN
Penelitian ini bertempat di kelas XI IIS MAS. AL-HOLILIYAH, sedangkan waktu penelitian dilaksanakan mulai tanggal 23 Februari 2018.
C. POPULASI DAN SAMPEL
1. POPULASI
Populasi adalah wilayah generalisasi yang terdiri atas obyek/subyek yang mempunyai kuantitas dan karakteristik tertentu yang ditetapkan oleh peneliti untuk dipelajari dan kemudian ditarik kesimpulan (Sugiono, 2001:57).
Jadi populasi bukan hanya orang , tetapi juga benda- benda alam yang lain. Populasi juga bukan sekedar yang ada pada obyek / subyek yang dipelajari, tetapi meliputi seluruh karakteristik / sifat yang dimiliki oleh obyek atau subyek itu.
Dalam penelitian ini, yang menjadi subyek adalah siswa kelas XI IIS MAS. AL-HOLILIYAH tahun pelajaran 2017/2018, yang terdiri atas 3 kelas.
2. SAMPEL
Sampel adalah sebagian dari jumlah dan karakteristik yang dimiliki oleh populasi tersebut (Sugiono, 2001:57). Dalam penelitian ini yang menjadi subyek penelitian adalah kelas XI IIS 2 yang berjumlah 35 siswa.
D. SUMBER DATA
Sumber data yang digunakan adalah sumber data primer yaitu yang diperoleh dari hasil angket/lembar pengisian soal.
E. METODE PENGUMPULAN DATA
Metode pengumpulan data yang digunakan untuk menyusun proposal ini adalah dengan metode angket. Angket adalah sejumlah pertanyaan yang tertulis yang digunakan untuk memperoleh informasi dari responden dalam arti laporan dalam pribadinya, atau hal-hal yang ia ketahui (Suharsimi Arikunto, 2006:225).
F. JADWAL PENELITIAN
No. | Nama Kegiatan | Minggu |
1 | 2 | 3 | 4 | 5 |
1. | Penyusunan Proposal | X | | | | |
2. | Pelaksanaan Penelitian | | X | X | | |
3. | Pengelolaan Data | | | X | X | |
4. | Penyusunan Laporan | | | | X | X
|
BAB IV PENUTUP
Demikianlah proposal penelitian ini kami sampaikan.Kami harap proposal ini dapat berguna.Mohon maaf bila terjadi kesalahan.Kami menyadari bahwa karya ini perlu ditingkatkan mutunya.Oleh karena itu kritik dan saran sangat kami harapkan.Atas perhatiannya, kami ucapkan terima kasih.
DAFTAR PUSTAKA
Djamarah.1994.Prestasi Belajar Dan Kompetensi Guru.Surabaya:Usaha Nasional.
Sugiyono.2001.Metode Penelitian Administrasi.Bandung:Alfabeta.
Arikunto, Suharsimi.2006.Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik.Jakarta: Rineke Cipta.
http://okiasokawati16.blogspot.co.id/2014/11/contoh-proposal-penelitian-sederhana.html
klik tombol download dibawah unutk men-download file docx microsoft word proposa; ini
Post a Comment
0 Comments