makalah sejarah candi borobudur, museum yogyakarta, dan keraton yogyakarta

BAB I PENDAHULUAN
A.   LATAR BELAKANG

candi borobudur merupakan warisan budaya indonesia yang sudah terkenal sampai ke seluruh dunia bangunan ini merupakan candi budha terbesar didunia dan ditetapkan sebagai salah satu warisan budaya dunia oleh UNESCO.bentuknya yang megah dan detail arsitekturnya yang unik membuat semua orang ingin mengunjungi borobudur yang penasaran dengan ceritanya,borobudur mencuri perhatian dunia sejak HC cornelius menemukan lokasinya atas perintah Sir Thomas Stamford Raffles pada tahun 1814.pekerjaan menggali lokasi yang diduga monumen besar kemudian dilanjutkan oleh hotman salah satu pejabat pemerintah belanda yang saat itu para arkeolog berlomba lomba mencari tahu asal usul candi budha terbesar didunia ini

Musuem Perjuangan Yogyakarta (Musium Perjuwangan Ngayogyakarta) adalah museum yang memiliki koleksi mengenai perjuangan bangsa Indonesia. Terletak kurang lebih 2 km dari pusat kota Yogyakarta.
Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat atau Keraton Yogyakarta (Karaton Ngayogyakarta Hadiningrat) merupakan istana resmi Kesultanan Ngayogyakarta Hadiningrat yang kini berlokasi di Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia. Walaupun kesultanan tersebut secara resmi telah menjadi bagian Republik Indonesia pada tahun 1950, kompleks bangunan keraton ini masih berfungsi sebagai tempat tinggal sultan dan rumah tangga istananya yang masih menjalankan tradisi kesultanan hingga saat ini. Keraton ini kini juga merupakan salah satu objek wisata di Kota Yogyakarta. Sebagian kompleks keraton merupakan museum yang menyimpan berbagai koleksi milik kesultanan, termasuk berbagai pemberian dari raja-raja Eropa, replika pusaka keraton, dan gamelan. Dari segi bangunannya, keraton ini merupakan salah satu contoh arsitektur istana Jawa yang terbaik, memiliki balairung-balairung mewah dan lapangan serta paviliun yang luas.



B.   RUMUSAN MASALAH

1.      Bagaimana sejarah candi borobudur ?
2.      Bagaimana sejarah museum perjuangan yogyakarta?
3.      Bagaimana sejarah keraton yogyakarta?

C.   TUJUAN PENULISAN

1.      untuk mengetahui sejarah candi borobudur.
2.      Untuk mengetahui sejarah museum perjuangan yogyakarta.
3.      Untuk mengetahui sejarah keraton yogyakarta.










klik tombol download dibawah unutk men-download file docx (microsoft word siap print) makalah ini




1 2 3 4 5 6

Post a Comment

0 Comments