makalah fiqih tentang ushul fiqih khas, mujmal, dan mubayyan.

BAB I PENDAHULUAN
A.   LATAR BELAKANG
Dalam ilmu usul fiqih terdapat banyak sekali istilah. Diantaranya Khas, Mujmal, dan Mubayan. Penting bagi kita untuk mengetahui istilah-istilah usul fiqih tersebut.

B.   RUMUSAN MASALAH
1.      apa itu Khas?;
2.      apa itu Mujmal? Dan ;
3.      apa itu Mubayyan?.

C.   TUJUAN PENULISAN
1.      untuk mengetahui apa itu Khas;
2.      utnuk mengetahui apa itu Mujmal dan;
3.      utuk mengetahui apa itu Mubayyan.



BAB II PEMBAHASAN
A.   KHAS
1.      PENGETIAN KHAS
Adalah perkataan atau susunan kalimat yang menunjukan arti sesuatu yang tertentu, tidak meliputi arti yang umum. Dalil yang mengecualikan dalil am atau mukhasis ada dua macam, yaitu:
a.       Mukhasis Muttasil
Adalah dalil pengecualian yang tidak berdiri sendiri, yakni maknanya bersangkutan dengan lafal sebelumnya. Contoh firman Allah:


janganlah kamu membunuh orang yang diharamkan allah kecuali dengan alasan yang benar”
Kalimat “janganlah kamu membunuh orang yang diharamkan Allah (membuhunya)” berbentuk am (umum) yang di taksis (dikecualikan) dengan kalimat “melainkan dengan sesuatu (Sebab) yang benar”.
b.      Mukhasis Munfasil
Adalah dalil pengecualian yang berdiri sendiri, terpisah dari dalil yang memberikan pengertian umum. Contoh firman Allah SWT:

makan dan minumlah, tetapi jangan berlebihan..”
Perkataan “makanlah” berbentuk am, karenanya kita boleh.
2.      BENTUK-BENTUK KHAS
a.       Lafadz khash berbentuk mutlak, yaitu lafadz khash yang tidak ditentukan degan sesuatu. Maksudnya jika di dalam nash itu ditemukan lafadz khash, maka lafadz ini harus diartikan sesuai dengan arti yang haqiqi, selama tidak ada dalil lain yang memalingkan arti haqiqi ke arti lain. Contoh firman Allah SWT dalam An Nur ayat 4 :





dan orang-orang yang menunduh wanita yang baik baik (berbuat zina) dan mereka tidak mendatangkan empat orang saksi, maka deralah mereka ( yang menuduh itu ) delapan puluh kali dera, dan janganlah kamu terima  kesaksian mereka buat selama-lamanya. Dan mereka itulah orang-orang yang fasik”.
Halaman: 1 2 3
klik tombol download dibawah unutk men-download file docx (microsoft word siap print) makalah ini




Post a Comment

0 Comments