Makalah geografi tentang siklus penanggulangan bencana

BAB I PENDAHULUAN
A.   LATAR BELAKANG

Tertimpa bencana adalah hal yang sulit untuk dihindari karena lari ke mana pun pasti tetap ada dampak negatif yang diderita. Meski demikian, kita dapat meminimalkan dampaknya dengan melakukan penanggulangan bencana sedini mungkin. Berdasarkan prosesnya, penanggulangan bencana dilakukan dengan tiga tahap yang berkesinambungan. Oleh karena itu, tahapan penanggulangan bencana ini sering disebut siklus penanggulangan bencana.


B.   RUMUSAN MASALAH
Apa saja siklus penanggulangan bencana itu ?.

C.   TUJUAN PENULISAN

Untuk mengetahui siklus penanggulangan bencana.

BAB II PEMBAHASAN
Bencana adalah Suatu gangguan serius terhadap keberfungsian suatu masyarakat sehingga menyebabkan kerugian yang meluas pada kehidupan manusia maupun dari segi materi, ekonomi atau lingkungan dan melampaui batas kemampuan masyarakat yang bersangkutan untuk mengatasi dengan menggunakan sumberdaya mereka sendiri. ( United Nations International Strategy for Disaster Reduction – UN ISDR, 2004 )
Untuk mengurangi , mencegah dan menanggulangi bencana yang mungkin terjadi atau berulang, masyarakat yang tinggal di daerah rawan bencana perlu melakukan pengurangan risiko bencana atau manajemen risiko. Pengurangan Risko Bencana dimaknai sebagai sebuah proses pemberdayaan komunitas melalui pengalaman mengatasi dan menghadapi bencana yang berfokus pada kegiatan partisipatif untuk melakukan kajian, perencanaan, pengorganisasian kelompok swadaya masyarakat, serta pelibatan dan aksi dari berbagai pemangku kepentingan, dalam menanggulangi bencana sebelum, saat dan sesudah terjadi bencana. Tujuannya agar komunitas mampu mengelola risiko, mengurangi, maupun memulihkan diri dari dampak bencana tanpa ketergantungan dari pihak luar.

klik tombol download dibawah unutk men-download file docx (microsoft word siap print) makalah ini




1 2 34 5

Post a Comment

0 Comments